Tuesday 21 March 2017

Cara Mengatasi Kebiasaan Ngiler Waktu Tidur

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang faktor penyebab ngiler waktu tidur, nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit tentang cara mengatasi kebiasaan ngiler waktu tidur.

Berikut ini adalah Cara Mengatasi Kebiasaan Ngiler Waktu Tidur:



1. Minum Segelas Air Putih Sebelum Tidur
Minum segelas air putih sebelum tidur dapat mengatasi kebiasaan ngiler.
Minum segelas air putih sebelum tidur akan menjaga kelembaban mulut sehingga tidak sampai mengalami kekeringan.
Produksi air liur akan tetap berjalan normal karena rongga mulut kita sudah lembab. Lagi pula minum segelas air putih juga menyebabkan konsentrasi air liur lebih encer sehingga lebih mudah diserap jika terjadi kelebihan air liur.

2. Menjaga Mulut Agar Tidak Terbuka Saat Tidur
Ini sebenarnya agak sulit. Mulut yang terbuka kadang-kadang merupakan bawaan sejak lahir atau faktor keturunan. Tapi cobalah dengan belajar bernapas lewat hidung saat tidur. Tutup rapat-rapat mulut Anda agar tidak ada sirkulasi udara melalui mulut.

3. Jangan Tidur Tengkurap
Tidur tengkurap selain membuat hati menjadi keras juga tidak baik bagi kesehatan. Efek kecil dari tidur tengkurap di antaranya menyebabkan ngiler. Hal ini karena orang tidur tengkurap mulutnya selalu terbuka atau sedikit terbuka. Akibatnya mulut cepat kering dan produksi air liur menjadi meningkat.

Jika dengan tiga cara di atas masalah ngiler belum teratasi, mungkin ada masalah dengan gigi dan gusi. Mungkin juga karena kelainan pada kelenjar limfa, kelenjar air liur, atau amandel. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan secara medis.

No comments:

Post a Comment