Tuesday 21 March 2017

Bibir Anda Kehilangan Warna Merah Alaminya?, Ini Dia Sebabnya!

bibir yang cantik adalah yang lembut bercahaya, kenyal, berwarna merah muda cerah dan sehat. 

Jika bibir sehat tersebut berubah menjadi hitam, berikut ini faktor penyebabnya:



1. Bahan kimia
Seorang wanita demi mendapatkan warna yang cantik pada bibirnya biasanya menggunakan pewarna bibir. Pewarna bibir biasanya mengandung bahan bahan tertentu diantaranya bahan kimia. Dan bahan kimia ini tidak selalu cocok untuk kondisi kulit bibir kita, dan inilah yang menjadi penyebab bibir menghitam.

2. Alergi
alergi lipstik, alergi pasta gigi, alergi obat (obat oles maupun obat minum), juga dapat mempengaruhi perubahan warna bibir menjadi menghitam.

3. Paparan sinar matahari
Sinar matahari pada tengah hari bukan hanya bisa merusak dan menyebabkan kulit badan menjadi hitam dan kusam tetapi berpengaruh juga terhadap warna bibir yang mana menyebabkan bibir kering dan kehilangan warna merah alaminya.

4. Hormon
Seperti halnya kulit di sekujur tubuh, keindahan bibir juga dipengaruhi oleh hormon estrogen, yaitu hormon yang dapat membantu proses perbaikan dan pergantian kulit (regenerasi).
Semakin bertambahnya usia, apalagi jika sudah memasuki usia menapouse, kadar estrogen menurun tajam sehingga proses regenerasi melemah, bahkan lama-kelamaan berhenti sama sekali. Tanpa regenerasi, maka kulit tidak bisa melindungi dan melembabkan sendiri, sehingga berangsur-angsur mengerut dan mengendur. Pada saat itulah bibir tampak kering dan hitam.

5. Kebiasaan minum kopi yang berlebihan

6. Rokok
merupakan penyebab tersering bibir hitam, karena nikotin dapat menyebabkan peningkatan pigmen melanin di bibir / kulit.

7. Faktor kesehatan
Bibir hitam kebiruan juga bisa dibabkan jika ada gangguan kesehatan yang disebut cyanosis , biasanya juga mengenai ujung jari akan ikut tampak kebiruan. Hal ini bisa disebabkan oleh penyakit jantung atau paru.

8. Faktor keturunan

9. Faktor Nutrisi
seperti Kekurangan vitamin, zat besi dan keadaan hormonal yang tidak optimal.

No comments:

Post a Comment