Tuesday 21 March 2017

Faktor Penyebab Ngiler Waktu Tidur

Faktor Penyebab Ngiler Waktu Tidur

Apakah anda memiliki kebiasaan ngiler ketika tidur?
Kebiasaan ngiler ketika tidur memang memalukan, terlebih bagi orang dewasa.
Apalagi untuk yang sudah memiliki pasangan, kebiasaan tidur ngiler ini akan mengganggu dan membuat pasangan menjadi ilfil.

Apa saja sih penyebab ngiler diwaktu tidur?

Berikut ini faktor-faktor yang menyebabkan ngiler di waktu yidur:

1. Keadaan Mulut yang Kering
Mulut yang kering akan memicu produksi air liur. Produksi air liur yang berlebih ini jika sudah mencapai batas tertentu akan keluar dengan sendirinya pada saat kita sedang tidur.
Proses inilah yang disebut  ngiler. Sedangkan ketika kita tidak sedang tidur tetapi mulut kering, misal saat puasa, kelebihan air liur tersebut akan dikeluarkan seseorang dengan cara meludah atau menelan ludah. Makanya kita sering melihat orang meludah atau menelan ludah ketika sedang berpuasa.

2. Tidur dengan Mulut Terbuka
Tidur dengan mulut terbuka dapat menyebabkan ngiler.
Tidur dengan mulut terbuka menyebabkan kelembaban rongga mulut berkurang sehingga mulut cepat kering. Tidur seperti ini lebih berpotensi ngiler. Di samping produksi air liurnya berlebih, saluran pembuangan kelebihan air liur juga terbuka.

3. Tidur Tengkurap
Tidak mungkin seseorang yang tidur tengkurap posisi kepalanya tidak miring. Posisi kepala yang miring saat tidur tengkurap menyebabkan rahang terdorong sehingga mulut terbuka. Hal ini berbeda dengan orang yang tidur miring (badan dan kepala miring). Orang yang tidur miring tidak menyebabkan mulut terbuka, kecuali dari sononya memang sudah terbiasa terbuka.

4. Efek Samping Zat Kimia Tertentu
Zat kimia tertentu yang digunakan dalam penyembuhan medis mungkin mempunyai efek samping seperti menyebabkan mulut kering atau memicu produksi air liur. Kalau memang zat kimia tersebut diminum demi kesembuhan suatu penyakit, diminum saja. Toh efeknya cuma ngiler.

5. Masalah pada Gigi dan Gusi
Sakit gigi dan gusi menyebabkan kita sering menarik angin ke dalam mulut, ngeses. Kondisi ini membuat mulut cepat kering dan memicu kelenjar ludah untuk memproduksi air liur. Pada saat tidur, produksi air liur ini tidak terkontrol dan akan dikeluarkan lewat mulut.

6. Anatomi Mulut yang Tidak Normal
Lidah yang terlalu besar dan gigi yang terlalu rapat juga menyebabkan seseorang sering ngiler. Lidah yang terlalu besar menyebabkan air liur cepat terserap sehingga mulut cepat kering. Pada saat tidur, produksi air liur lebih besar daripada daya serap lidah sehingga terjadi kelebihan air liur. Sedangkan gigi yang rapat menyebabkan air liur banyak yang tertampung di dalam mulut saat tidur. Jika sudah mencapai batas tertentu air liur ini akan keluar dengan sendirinya dalam bentuk iler.

No comments:

Post a Comment